Skip to content

Blind Spot

“Berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak. Ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah”.

Semua pemain profesional memiliki pelatih. Contohnya, pemain golf  sehebat Tiger Woods sekalipun juga memiliki pelatih. Padahal jika mereka berdua disuruh bertanding jelas Tiger Woods-lah yang akan memenangkan pertandingan tersebut.

Mungkin kita bertanya-tanya, mengapa Tiger Woods  butuh pelatih kalo jelas-jelas dia lebih hebat dari pelatihnya? Kita harus tahu bahwa Tiger Woods  butuh pelatih bukan karena pelatihnya lebih hebat, namun karena ia butuh seseorang untuk melihat hal-hal yang tidak dapat dia lihat sendiri.

Hal yang tidak dapat kita lihat dengan mata sendiri itulah yang disebut dengan blind spot atau titik buta. Kita hanya bisa melihat blind spot tersebut dengan bantuan orang lain. Dalam hidup, kita butuh orang lain untuk mengingatkan kita seandainya prioritas hidup kita mulai bergeser.

Kita butuh orang lain utk menasihati dan mengingatkan, bahkan menegur jika kita mulai melakukan sesuatu yang keliru, yang bahkan kita tidak pernah menyadari.

Kerendahan hati untuk menerima kritikan, nasihat dan teguran itulah yang justru menyelamatkan kita. Karena kita bukan manusia sempurna, Biarkan orang lain menjadi “mata” kita, sehingga kita bisa melihat apa yang tidak bisa kita lihat dengan pandangan diri kita sendiri.

Melalui kesalahan, kita belajar tentang peluang, kita jadi tahu yang benar, tahu malu, tahu cara berubah, diingatkan oleh situasi, bertindak dan memperbaiki, mawas diri dan menjadi lebih baik setiap harinya.

Dimanapun kita berada, sesulit apapun keadaan kita, yakinlah bahwa kita sedang digerakkan ke arah yang lebih baik, tetaplah berdoa, berusaha dan selalu bersyukur.

Smoga kita bisa menjadi saudara yang saling mengingatkan
“Hati Ini Kering Kalo Tanpa Nasehat…”

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*