Skip to content

Sebelum Terlambat

Seorang Bapak mempunyai puluhan ekor domba yang dipelihara di dekat rumahnya. Suatu hari, seperti biasa saat akan menggembalakan domba, ia menghitung satu per satu. Setelah dihitung berulang kali, ternyata dombanya berkurang 1. Setelah dicari-cari, ternyata domba tersebut hilang karena dinding di kandangnya berlubang! Melihat kejadian ini, tetangganya menasehati untuk segera memperbaiki kandang yang berlubang tersebut agar mencegah terjadinya kehilangan domba lagi. Namun si Bapak tidak mengindahkan nasehatnya. Dia malah berkata, “Domba saya sudah hilang, kalau mau memperbaiki kandang sekarang, sudah terlambat! Biarkan saja!”

Keesokan harinya hal serupa terjadi lagi! Saat dihitung ternyata jumlah dombanya berkurang lagi dan si Bapak baru menyesal!

Lucu ya? Ada-ada saja tingkah laku si Bapak itu. Namun sadar atau tidak seringkali kita berlaku serupa dengan Bapak itu. Memang tidak untuk menjaga domba yang hilang satu, namun dalam aplikasi kehidupan kita, seringkali kita melakukan hal yang serupa!

Dalam dunia kerja, mungkin kita tidak mengerti apa yang saat ini kita kerjakan, namun bukannya mencari tahu, malah berkomentar “Sudahlah, nanti juga diperiksa lagi oleh atasan!”

Dalam dunia kampus atau sekolah, ada tugas yang tidak dimengerti, Sudahlah, yang penting saya sudah mengerjakan tugasnya!

Mari kita belajar dari si Bapak tadi, adakah hal-hal kecil yang menghambat kemajuan kita? Jika ada maka segeralah perbaiki! Jangan pernah berkata, “Ah itu kan hal sepele, tidak akan berpengaruh banyak, semua orang, semua mahasiswa/i, murid, karyawan atau perusahaan lainpun melakukannya!” Ingatlah bila kita meremehkan kesalahan kecil, atau tidak segera memperbaikinya, maka hal itu bisa menimbulkan kerugian besar di kemudian hari!

Jika kita ‘menutup lubang di dinding kandang kita’, maka dombanya tentu tidak akan hilang lebih banyak lagi! Maka sebelum terlambat, mari kita bekerja sesempurna mungkin untuk meminimalisir kesalahan!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*