Skip to content

Sesuai Dengan Batas Kemampuan

Jika Anda melihat seseorang yang sedang dilatih oleh instruktur saat mengangkat beban di sebuah Fitness Centre, pastinya instrukturnya menyesuaikan dengan batas kemampuan orang tersebut, barulah lama kelamaan mulai menambah sedikit demi sedikit beban yang akan diangkatnya.

Tidak mungkin instruktur tersebut memaksakan kita mengangkat beban 20 kg padahal kemampuan orang tersebut hanya dapat mengangkat 5 kg! Demikian juga dengan Tuhan! Dia tidak mungkin memberi pencobaan yang melebihi batas kemampuan kita, semua pencobaan yang kita hadapi Sesuai Dengan Batas Kemampuan kita!

Tapi tentunya saat orang tersebut sudah berhasil mengangkat 5 kg dan stop di 5 kg, maka otot-ototnya tidak akan berkembang! Tentunya sang instruktur akan menambah menjadi 6 kg, 7 kg, perlahan-lahan mulai naik. Tidak mungkin dari 5 kg langsung naik ke 10 atau bahkan 20 kg!

Demikian juga dengan pencobaan di dalam hidup kita. Saat kita sudah berhasil melewati pencobaan yang satu, kita akan naik level, next levelnya kita adalah pencobaan yang lebih dari sebelumnya.

Sama halnya dengan pelajaran di sekolah. Semua yang kita pelajari Sesuai Dengan Batas Kemampuan kita, anak-anak kelas 1 diajari 1+1, namun tidak mungkin anak kelas 6 masih belajar 1+1, akan ada pengurangan, perkalian, pembagian, akar kuadrat, perpangkatan, dll!

Sebuah quote yang sangat bagus untuk kita, Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*