Skip to content

Splindletop

Menjelang abad XX di sebuah kota kecil, di sudut tenggara negara bagian Texas, Amerika, yang dikenal sebagai kota Beaumont, seorang Geologis bernama Pattillo Higgins menemukan sumur minyak paling produktif di dunia yang diberi nama Spindletop!

Pattillo Higgins bermimpi suatu hari kelak kota kelahirannya itu akan menjadi sebuah kota pelabuhan yang ramai dengan pabrik-pabrik yang berdiri megah, kapal-kapal besar berlalu lalang, keluar masuk pelabuhan, serta tanah pertanian yang luas, yang semuanya digerakan dengan sumber energi minyak bumi. Padahal pada saat itu, minyak bumi baru ditemukan dalam jumlah yang kecil dan terbatas hanya dimanfaatkan untuk penerangan dan bahan pelumas saja. Batu bara merupakan sumber energi utama pada masa itu.

Pagi hari tanggal 10 Januari 1901, terdengar suara gelembung-gelembung lumpur yang keluar dari perut bumi dan disusul dengan terlontarnya pipa 4 inchi seberat 6 ton yang diikuti dengan suara nyaring benturan pipa tersebut dengan crown block (bagian puncak dari Rig). Tidak lama kemudian disusul dengan semburan minyak bumi ke udara yang berwarna hitam kehijauan dengan ketinggian lebih dari 100 Ft dari atas rig. Dikemudian hari, peristiwa tersebut, tercatat sebagai penemuan minyak bumi yang paling bersejarah, yang dinamakan sebagai Spindletop Field dengan produksi lebih dari 100,000 BOPD.

Hari itu merupakan titik balik bagi sejarah Amerika, dimana minyak bumi menjadi sumber energi baru dan utama, yang menggerakan roda industri negara tersebut. Impian Pattillo Higgins telah menjadi kenyataan.

Setelah ditemukannya Splindletop, semuanya berubah! Sebidang tanah yang dibeli dari seorang penduduk ketika dibor maka muncul minyak yang meluap. Penemuan sumur minyak ini membangkitkan perekonomian Texas dan juga perekonomian Amerika Serikat.

Bagaimana dengan pemilik tanah sebelumnya? Dia yang seharusnya paliong diuntungkan justru hanya bisa gigit jari karena tanahnya sudah terlanjur dijual tanpa dia menyadari potensi tanahnya yang selama ini dia miliki.

Sahabat, Sadarilah Anda memiliki potensi yang sangat luar biasa! Jangan sampai seperti pemilik tanah tersebut yang terlanjur menjual tanahnya, namugalilah potensi Anda sehingga menjadi seperti Splindletop!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*